Archive for the ‘Kuliah Perikanan’ Category

Maaf kawan – kawan semua yang telah lama nunggu update blog sampah ini,hahahaha… Mudah – mudahan selama saya tinggalkan blog ini berbuat baik.

Saya baru sampai dari sebuah negeri yang indah dan damai yang bernama cileuleus, sebulan saya bertualang mencari kebenaran hidup, mulai. KKNM UNPAD 2011 yang telah mengirim saya dan 19 orang kurang beruntung lainnya ke daerah tersebut. Barang yang paling berharga disana adalah sinyal dan makanan. Jujur sebagai mahasiswa perikanan yang dongo saya senang berada disana dengan potensi perikanan yang luar biasa dan saya dapat belajar banyak dari para petani ikan disana.

Tanggal 25 Juni 2011 saya bertolak ke desa Cileuleus dari UNPAD jatinangor, setelah memakan perjalanan lebih dari setengah abad lamanya saya sampai dengan wajah meringis kesana dan tambah meringis setelah menjalani hari – hari pertama karena jauh dari mana – mana, nasip. Saya banyak mendapat teman baru disana dari yang sarap, stress, gila, autis, idiot, dan banyak lagi. Dari geologi, kedokteran, sastra, farmasi, dan sebangsa ikan juga, luar biasa. Saya salut dengan kegigihan teman kedolteran saya, dr. azrinaz orang mulie kebangsaan malaysia yang gigih belajar gitar sampai dia hapal lebih dari 4 lagu dalam satu bulan. Radit anak geologi yang bertahan dengan westlife nya, aki anak batu dengan MU-nya, Fahmi anak kedokteran paling gila yang pernah saya lihat, Ketua RW yang telah sukses menyatakan pada sekertaris Desa, dan pegawai jonas bang anton yang rela dirinya tidak hadir dalam kesempatan foto saat foto bersama.

Saya lebih belajar untuk mencintai diri sendiri setelah sempat merasakan getaran yang hebat pada kedua kaki ketika melakukan pengembaraan ke Galunggung. Perut saya yang mulai kehilangan stabilitasnya karena setiap hari terpaksa makan mie instan.

“Kita ada acara jam 8pagi besok!”, krikk…krikk… (more…)

Hanya sebuah intermezo tentang karya seni plagiat :

Sedih saya ngeliat negeri ini, banyak orang yang kreatif, banyak juga yang cuma ngaku-ngaku bahwa itu hasil karyanya, aslinya?PLAGIAT!!! Hay para pencuri ide (Plagiat, red.) (udah kayak di koran gua nulisnya). Kalian pikir gampang membuat artikel? kalian pikir kata-kata mengalir begitu saja saat membuat puisi? kalian pikir nada indah spontan terlantun? Semua butuh Proses BUNG!! 2hari, 3 hari, 1 minggu, 1 bulan, bisa dihabiskan oleh mereka yang penuh jiwa seni. Diam memegang gitar kesayangannya, tertunduk menunggu tinta berbicara untuk menggoreskan kata indah, mengumpulkan data demi data untuk membuat artikel yang bagus, kadang gua tidur buat nyari ide (ini ga bagus dicontoh). Dan hey kalian para otak berkarat yang ga punya ide fresh, kalian hancurkan perjuangan mereka hanya dengan beberapa detik dengan mengandalkan Ctrl+C dan Ctrl+V, bagaimana hati mereka yang membuat karya itu? Kalian para plagiatisme yang terkenal dengan karya yang kalian curi, mereka yang kreatif? akan terus membuat karya dengan hati hancurnya sampai tercipta lagu yang mengiris hati. (more…)

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Perkembangan teknologi dan informasi semakin cepat berkembang, dan pengetahuan masyarakat tentang pangan pun terus bertambah. Keamanan pangan telah menjadi isu yang penting akhir – akhir ini, bukan hanya secara nasional tetapi telah memasuki isu global. Betapa tidak, dengan kecanggihan media komunikasi masalah keamanan pangan suatu Negara akan berdampak pada Negara lain seperti masalah sapi gila, produk perikanan yang mengandung antibiotic berlebih, dan masih banyak lagi.

Tetapi di Negara Indonesia khususnya masih banyak masyarakat yang menyepelekan atau bahkan tidak peduli kepada masalah keamanan pangan ini, sehingga tak jarang ditemui kasus keracunan makanan pada masyarakat. Maka dari itu mengapa sangat penting memperhatikan kehigienisan pangan yang akan kita konsumsi, salah satu cara untuk mengatasi masalah keamanan pangan salah satunya dengan menerapkan PMMT.

PMMT adalah suatu kesatuan utuh antara GMP, SSOP, dan HACCP untuk menghasilkan prosuk yang berkualitas serta mengusung program safety food. PMMT juga disebut suatu cara lain dalam mengatur kerja orang banyak, dengan menyelaraskan kerja mereka sedemikian rupa sehingga orang-orang itu menghadapi tugasnya dengan penuh semangat dan berpartisipasi dalam perbaikan pelaksanaan pekerjaan. PMMT sangat penting mengingat semakin ketatnya persyaratan mutu pangan dunia, untuk meningkatkan daya saing suatu produk produk di pasar internasionla PMMT mutlak diperlukan, karena PMMT mencerminkan keamanan pangan produk tersebut. (more…)

Minggu ini mulai lagi dah UTS, damn. Bukan cuma itu praktikum juga dah mulai jalan, Bikin makanan ikan (Nutrisi Ikan) mulai besok, padahal buat bikin telor ceplok aja gua males, Jadi penghulu ikan (Teknik Pembenihan Ikan) hari kamis. Nasip… Tadi gua UTS kebijakan perikanan soalnya gampang sih tapi jawabannya itu yang bikin susah.

visi dan misi KKP mengarah pada pertumbuhan atau pembangunan? lha visi misi nya aja gua ga tau bunyinya apa.

Satu yang bikin semangat, gua ma anak2 KBIH (BARAKUDA sekarang, panjangannya apa ga tau) mau bikin proposal minta bantuan dana buat nerusin perjuangan ngurus ikan gendut nyusahin. jangan salah paham dulu, bukan proposalnya yang bikin semanget, tapi uang bantuannya bisa lebih dari 20 juta.

Intermezo: O ya sebelumnya kepada saudara sungui saya berbela sungkawa atas tertelannya kartu ATM saudara oleh mesin ATM, semoga keluarga yang ditinggalkan tabah menjalaninya.

Back to topik (Pik, dimana maneh taupik). Koki hasil pemijahan yang pertama sekarang dah siap jual, cuma ada 50 ekor sih yang kuat menghadapi terjangan kentut si adam tiap malem. Dan pemijahan yang kedua udah membuahkan hasil, (sejak kapan koki berbuah? bukannya bertelor) total ada 300 ekor larva baru yang siap di kentutin si adam tiap malem. Rencananya gua mau bikin blog lagi buat bantu promosiin si koki gendut, ogah gua bikin web, koneksi kayak siput gini bisa2 gua keburu tua sebelum webnya kelar. Jadi puaslah sekedar blog.

Lagi cari ide nih buat nama blognya apaan kira-kira? yang kebetulan baca ini kasih saran donk.

 

NB : akhirnya gua agak serius (udah bubar) bikin postingan

kemaren gua abis dari garut, melewati hari terindah bersama yang terkasih,, pas sore mau balik dan menjalani aktivitas seperti layaknya manusia normal, tiba – tiba langit berubah gelap, hitam mencekam dihiasi halilintar, seolah tak mengizinkanku melangkah menghempas debu garut – tanjungsari,hahaha.. duuuuuaaaaaarrr (tu suara halilintar apa bom buku ya?).

well akhirnya gua memutuskan pulang besok paginya, karena kuliah jam 8 gua harus jadi ayam jantan yang bangun subuh. dengan susah payah dan sekuat tenaga (dasar tukang molor) gua terbangun juga akhirnya, mata rapet, badan lemes dan mulut berbusa *lho? gua mandi serasa kayak pake es batu tu aer, pas gua cari ga ada tu es batu, mandi lagi dingin lagi, cari es batu lagi buat ngeyakinin begitu seterusnya (dasar tolol). (more…)

Ini tugas mata kuliah Kebijakan pembangunan perikanan gua, bikin artikel tentang kebijakan perikanan yang minimal 500 kata (cerita postingan yang kemaren). Akhirnya selesai, total 502 kata, ga percaya? itung ndiri, gua mah ogah.. selamat menikmati artikel ini.

Here We GO

 

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) nampaknya tidak main – main dengan rencananya untuk menjadikan perikanan budidaya sebagai tumpuan perikanan Indonesia. Pada tahun 2010 yang lalu, anggaran yang disiapkan oleh pemerintah untuk pengembangan budidaya perikanan sebesar 400 milyar rupiah dan pada tahun 2011 ini anggaran pengembangan perikanan budidaya “membengkak” dari angka 400 miliar rupiah menjadi 1,5 triliun rupiah. Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) perikanan budidaya lebih dapat ditingkatkan (more…)

Akhirnya setelah mendaki gunung lewati lembah dan bersemedi di tengah sawah *lho?

Laporan PeKaEl gua kelar. Beneran lho PeKaEl.. Semua teman – teman disini tau kan gimana perjalanan gua dari menempuh PeKaEl lapangan sampe jadinya tu laporan yang sungguh melelahkan. Cukup 3 kali revisi dengan memakan kertas lebih dari 100 lembar dan foto kopi 3 kali, CUKUP!! gua ga mau lagi uang makan siang ilang gara – gara laporan itu. terakhir gua harus ngeprint berwarna sebanyak 94 lembar dan tau harganya? Printer di ruang PD3 yang jadi saksi,haha.. (more…)

Nama   : Chaerul Nurul Fajrin

NPM   : 230110080071

Perikanan B 08

Nama Produk              : Filet ikan nila

Deskripsi Produk        : Filet ikan nila adalah salah satu produk hasil perikanan dengan bahan baku daging ikan  nila yang telah disayat dari batas operculum (tutup insang) sampai pangkal ekor

(more…)

Laporan PKL Koki

Posted: February 17, 2011 in Kuliah Perikanan
Tags: ,

Iseng ah posting laporan PKL kemaren yang belum direvisi,hehe..tapi cuma sebagian

 

BAB III
KEGIATAN YANG DILAKUKAN

3.1 Biologi Maskoki
Maskoki yang terdapat di BBPBAT Sukabumi ada dua jenis maskoki yaitu jenis tosa dan oranda. Keduamya memiliki ciri khas yang berbeda.

(1) Tosa
Koki jenis ini tubuhnya agak bundar dengan sirip punggung, dada, dan perut serta ekor yang relative panjang. Koki jenis tosa jika tumbuh dengan baik panjang sirip ekornya dapat melebihi panjang tubuhnya. Koki jenis ini dikenal juga dengan sebutan veil tail.

tosa

(more…)

Laut merupakan bagian terluas dari bumi ini, hampir 70% bumi ini terdiri dari lautan. Laut dunia memiliki sumber daya hayati yang sangat berlimpah, apa lagi Indonesia yang merupakan Negara kepulauan yang mana kekayaan laut adalah asset yang penting bagi Negara. Tidak sedikit masyarakat Indonesia menggantungkan hidupnya pada lautan, mereka disebut nelayan. Nelayan menangkap ikan menggunakan alat tangkap dan metode penangkapan yang bermacam – macam. Dari sekian banyak alat tangkap yang digunakan ada satu alat tangkap yang menjadi perdebatan, alat itu adalah trawl.

(Menurut Juliani, IPB) Trawl adalah penangkap ikan, udang dan biota laut lainnya yang berupa jaring kantong besar, melebar dan mulut jaring yang terbuka, dengan kedua sayap jaring yang terbaring di bagian depan pada masing-masing sisinya, dan meruncing pada bagian akhir jaring. (more…)