From Zero to Hero With Online Business

Posted: January 26, 2012 in lomba - lomba, teknologi
Tags: ,

Internet sudah menjadi makanan sehari – hari masyarakat Indonesia bahkan dunia dewasa ini. Banyak yang menggunakannya hanya sekedar untuk mengikuti status atau komentar teman – temannya lewat jejaring social, atau hanya untuk sekedar membaca berita – berita terkini dan teraktual. Siap atau tidak internet akan menemani setiap langkah hari anda pada kehidupan anda.

Internet yang kita bicarakan bukan indomie telor kornet ya..

Suatu hal pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, memiliki sisi positif dan negative, begitu pula internet pasti memiliki kedua sisi itu. Disini kita akan membicarakan sedikit dari segudang sisi positif dari internet, lho kenapa Cuma sisi positif? Mana sisi negatifnya?

Ada pepatah akibat nila setitik rusak susu sebelanga, artinya keburukan yang dilakukan walau sedikit akan menghancurkan segala kebaikan yang telah diperbuat. Jadi buat apa kita membicarakan sisi negative dari internet yang hanya secuil? Toh segi positifnya lebih banyak, ribuan kali bahkan jutaan kali dibanding sisi negatinya.

Selama ini untuk apakah anda menggunakan internet? Apakah hanya sekedar mentertawakan status atau komentar – komentar lucu teman anda pada sebuah situs jejaring sosial? Ataukah hanya sekedar memajang foto – foto liburan anda ke luar negeri untuk membuat teman anda iri? Semua itu memang hak anda sebagai pengguna internet. Tapi apakah anda sadar bahwa dengan modal koneksi internet anda dapat menghasilkan pundi – pundi rupiah?

Mulai sekarang kita tinggalkan pemikiran bahwa internet hanya berfungsi sebagai media “senang – senang” tapi ubah pemikiran anda tentang internet menjadi media “investasi masa depan” melalui bisnis online.

Apa sih bisnis online itu? Apakah sejenis makanan yang menggunakan sayur?

Bisnis online merupakan suatu bisnis yang dapat kita jalankan di dunia maya. Mulai dari toko online, menawarkan jasa di internet, sampai PPC (Pay per Click). Di Indonesia sendiri taji bisnis online masih kalah dengan pamor bisnis offline (bisnis dunia nyata), mungkin karena sifatnya yang maya yang membuat bisnis online kurang diminati, mengingat masyarakat kita lebih mempercayai sesuatu yang real. Padahal bila diliat dari peluang dan omsetnya bisnis online ini tidak kalah menjanjikan dibanding  bisnis offline.

Pada bisnis online prinsipnya hanya kratifitas dan imajinasi, modalnya pun hanya sebuah modem untuk koneksi dan web atau blog pun tak jadi masalah. Hah blog???? Saya ga bias bikin blog apa lagi cara pengoperasian blog nya. Jangan cemas, di zaman sekarang tidak ada yang tidak bias, dan tidak ada yang mustahil. Walau anda tidak dapat menggunakan blog atau nge-blog istilah kerennya, sekarang telah banyak terdapat sekolah blog yang siap mengajarkan anda seluk beluk dunia blog dan bisnis online. Mulai dari awal membuat we atau blog sampai tips dan trik CEO agar blog atau web yang kita miliki semakin terkenal di situs pencarian seperti google. Sekolah blog semakin berkembang seiring dengan populernya internet dan peluang bisnis online, salah satunya adalah AstaMedia Blogging School. Sekolah blog yang satu ini bahkan memberikan Free 1 domain PR3 for 1 year hosting (domain gratis untuk 1 tahun) dalam programnya yang bernama Blogging Pro.

Dari tadi ngomongin bisnis online mulu nih, jadi makin penasaran. Apa sih kelebihan bisnis online?
Bisnis online merupakan salah satu bisnis yang rendah kalori, eh rendah resiko. Maksudnya? Bayangkan saja jika anda mempunyai satu toko di pusat perbelanjaan di kota anda berapa harga sewa selama satu tahun? Betul sekali, bisa mencapai puluhan juta per tahun, sedangkan jika kita mempunyai satu domain biaya yang kita keluarkan tidak sebesar itu untuk membeli satu domain selama satu tahun. Bahkan sekarang telah ada e-commerce yang menawarkan jasa secara GRATIS!!! Selain itu berikut beberapa keuntungan bisnis online menurut penulis :

  • Lebih aman, dengan catatan pemilik web memiliki pengetahuan dibidang keamanan internet. Maksudnya lebih aman adalah pembeli tidak harus membawa uang cash atau kartu kredit dalam dompetnya yang riskan pencurian. Pembeli hanya cukup menghafal atau menuliskan nomor rekeningnya untuk berbelanja di took online anda. Untuk menciptakan rasa aman ini pengelola web sebaiknya mengetahui cara mengamankan password pembeli dari para carding, semua itu dapat diperoleh dari sekolah blog.
  • Lebih simple, cukup dengan sebuah computer dan modem rekan bisnis dapat membeli atau melihat produk yang anda tawarkan.
  • Jangkauan lebih luas. Dibandingkan bisnis offline, bisnis online mempunyai jangkauan lebih luas karena sifatnya yang maya.
  • Lebih santai. Bisnis online ini dapat dijalankan oleh siapapun, kapanpun, dimana pun asalkan ada koneksi internet. Biasanya bisnis online ini merupakan part-time atau pekerjaan paruh waktu tapi keuntungannya “full ga setengah – setangah”.
  • Apapun bisa dijual. Anda tidak punya barang yang bisa dijual? Tenang di bisnis online salah satunya ada yang bernama PPC (Pay per Click), anda bisa mendapat komisi dari perusahaan terkait bila iklan perusahaan tersebut yang dipajang di blog anda di click oleh pengunjung.
  • Biaya operasional lebih murah. Ya dalam bisnis online anda dapat terhindar dari pajak di Negara kita ini. Jadi sebelum pemerintah memberlakukan pajak dari bisnis online, ada baik nya anda memulai bisnis online dan meraup keuntungan sebesar – besarnya.

Selain hal – hal diatas masih banyak lagi keuntungan bisnis online yang tidak dapat diutarakan lewat kata – kata. Temukan kelebihan bisnis online lainnya dengan mulai menjalankan bisnis online anda sendiri. From zero to hero with bisnis online. Wujudkan impian anda..

Orang lain bisa, kenapa anda tidak?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s