Hanya sebuah intermezo tentang karya seni plagiat :

Sedih saya ngeliat negeri ini, banyak orang yang kreatif, banyak juga yang cuma ngaku-ngaku bahwa itu hasil karyanya, aslinya?PLAGIAT!!! Hay para pencuri ide (Plagiat, red.) (udah kayak di koran gua nulisnya). Kalian pikir gampang membuat artikel? kalian pikir kata-kata mengalir begitu saja saat membuat puisi? kalian pikir nada indah spontan terlantun? Semua butuh Proses BUNG!! 2hari, 3 hari, 1 minggu, 1 bulan, bisa dihabiskan oleh mereka yang penuh jiwa seni. Diam memegang gitar kesayangannya, tertunduk menunggu tinta berbicara untuk menggoreskan kata indah, mengumpulkan data demi data untuk membuat artikel yang bagus, kadang gua tidur buat nyari ide (ini ga bagus dicontoh). Dan hey kalian para otak berkarat yang ga punya ide fresh, kalian hancurkan perjuangan mereka hanya dengan beberapa detik dengan mengandalkan Ctrl+C dan Ctrl+V, bagaimana hati mereka yang membuat karya itu? Kalian para plagiatisme yang terkenal dengan karya yang kalian curi, mereka yang kreatif? akan terus membuat karya dengan hati hancurnya sampai tercipta lagu yang mengiris hati.

Saat ditanya oleh orang lain tentang karyanya, apa jawaban para plagiat? HANYA TERINSPIRASI.. Terinspirasi??dengan lirik dan nada hampir 50%? dengan bait hampir sama? Dan dengan artikel yang hanya berbeda antara titik dan koma? Apa itu HANYA TERINSPIRASI? Sungguh miris..

Setiap orang mempunyai kesalahan, dan apa kalian pikir saya sudah seperti ini? Belum.. Dulu saya pun sempat merasakan darah plagiat mengelir di tubuh ini.. Seiiring bertambahnya waktu saya menyadari bahwa semua itu salah. Dan kalian yang masih menganut paham plagiatisme sadarlah, sebelum para pencipta karya muak dan membawa kalian ke meja hijau, karena setiap karya mengandung HAKI. Perlahan tulislah apa yang kalian rasa, pengalaman, bahkan kamar pun bisa menjadi sumber inspirasi, balutlah dengan kata indah, dan munculkanlah karya orisinil dari otak kalian. Jelek? semua butuh proses. Malu takut karya jelek? jangan pernah malu, sejelek apapun lebih baik dari plagiat.

Jangan sampai ada orang yang berfikiran seperti bang Coy lagi. Dia ga mau nulis di blog karena ga mau hasil tulisannya di kopi paste ke blog para plagiat, dan ga mau tulisannya dijadikan sumber untuk membuat makalah. Jika kalian mau mengambil kutipan orang lain, beri keterangan jelas disertai sumber kutipan tersebut.

NOW, SAY NO TO PLAGIAT..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s