Indonesia Produsen Perikanan Terbesar 2015

Posted: March 22, 2011 in Kuliah Perikanan
Tags: , , , ,

Ini tugas mata kuliah Kebijakan pembangunan perikanan gua, bikin artikel tentang kebijakan perikanan yang minimal 500 kata (cerita postingan yang kemaren). Akhirnya selesai, total 502 kata, ga percaya? itung ndiri, gua mah ogah.. selamat menikmati artikel ini.

Here We GO

 

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) nampaknya tidak main – main dengan rencananya untuk menjadikan perikanan budidaya sebagai tumpuan perikanan Indonesia. Pada tahun 2010 yang lalu, anggaran yang disiapkan oleh pemerintah untuk pengembangan budidaya perikanan sebesar 400 milyar rupiah dan pada tahun 2011 ini anggaran pengembangan perikanan budidaya “membengkak” dari angka 400 miliar rupiah menjadi 1,5 triliun rupiah. Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) perikanan budidaya lebih dapat ditingkatkan / dikembangkan produksinya dibanding perikanan tangkap. Rencananya dana ini akan disalurkan ke setiap kelompok pembudidaya dengan pola kredit usaha rakyat. Selain itu benih dan pakan akan dijual murah atau bahkan diberikan secara cuma – cuma.

Dalam hal ini, Pemerintah (KKP) telah mengambil langkah tepat dengan lebih mengutamakan sektor perikanan budidaya dibandingkan perikanan tangkap. Hal ini dapat dilihat dari hasil produksi perikanan tangkap yang tidak dapat menunjukan perkembangan yang berarti, sementara kebutuhan akan ikan di Indonesia bahkan dunia terus meningkat, oleh karena itu masa depan perikanan sangat bergantung kepada perikanan budidaya. Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia – Fadel Muhammad, perikanan tangkap kenaikannya hanya bisa didongkrak sebesar setengah persen per tahun, sedangkan untuk sektor perikanan budidaya kenaikan paling rendah adalah lima persen untuk komoditas gurami.

Pertanyaannya, apakah dengan usaha ini kesejahteraan para pelaku usaha perikanan (khususnya pembudidaya) dapat meningkat? Apakah KKP dapat memastikan dana bantuan yang diberikan dapat diterima oleh yang berhak? Atau ini hanya sebagai usaha memperkaya pejabat yang terlibat dalam hal ini?

Tak ada yang dapat menjamin dengan hal ini kesejahteraan petani ikan meningkat. Pada tahun 2010 lalu, tepatnya bulan agustus, para petambak udang di daerah Lampung mengeluhkan buruknya infrastruktur jalan di daerah mereka. Jalan sepanjang 100 km menuju tambak tersebut rusak berat, sehingga untuk membawa pakan saja mereka mengalami kesulitan apa lagi jika ingin menjual hasil tambak mereka. Hal ini menyebabkan hasil dari budidaya tambak menurun di daerah itu. Lalu untuk apa dana 1,5 triliun rupiah tersebut jika untuk menjual hasil panen saja saja para petani tambak tidak bisa?

Alangkah lebih baik jika dana sebesar itu dipergunakan untuk membangun infrastruktur pendukung kegiatan perikanan itu sendiri, contohnya seperti akses jalan untuk memudahkan transportasi. Dalam hal ini tentu KKP tidak bisa bekerja sendirian, setidaknya KKP perlu bekerja sama dengan Kementerian perhubungan untuk pembangunan akses jalan ini, dan pembangunan ini harus bersifat merata, jangan hanya membangun daerah tertentu saja. Sumber daya manusia (SDM) para pelaku usaha perikanan pun wajib mendapatkan perhatian serius dari pemerintah, Jangan sampai kegiatan budidaya yang mereka lakukan tidak membuahkan hasil. Setelah itu barulah KKP mulai memberikan bantuan kepada para pelaku usaha perikanan, baik itu berupa dana, benih, pakan, ataupun bantuan yang lainnya.

Upaya meningkatkan perikanan budidaya di Indonesia harus dilakukan secara signifikan. Pantai yang sangat panjang dan iklim tropis yang hangat sepanjang tahun merupakan kelebihan komparatif yang tidak boleh diabaikan. Ketersediaan modal harus terus tetap diperjuangkan, dengan tidak lupa tetap memperhatikan kelestarian lingkugan. Sejauh ini volume produksi perikanan budidaya telah melampaui perikanan tangkap. Mudah – mudahan dengan ini semua harapan Bapak Fadel Muhammad sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dapat segera terwujud untuk menjadikan Indonesia sebagai produsen perikanan terbesar di dunia pada tahun 2015 mendatang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s