Driving : Safety Atau Mati!!

Posted: January 11, 2011 in lomba - lomba
Tags:

Maaf ya temen – temen,, mungkin tulisan ini agak “keras”, ini bentuk amarah gua, frustasi gua ngeliat carut marut perlalulintasan negara kita tercinta yang seolah “tanpa peraturan”. Ga ada habisnya kalo menceritajan pengalaman berkendara, karena tiap hari gua ke kampus naek yang namanya motor. Kali ini gua pengen sedikit “curhat” ma siapa aja yang sudi baca tulisan ini.

Sore itu gua baru beres ujian akhir semester, ngejalanin motor dengan wajah imut. Jalanan cukup macet di sore yang cerah tanpa sinar mentari, dikarenakan ada truk besar lambat yang muatannya mungkin melebihi berat si truk itu (poor truk). Karena melihat jalanan di depan kosong gua berinisiatif buat nyusul mobil angkutan kota di depan gua, tentunya sebelum nyusul gua ngasih sign dulu tanda gua mau agak ke kanan, eh tak disangka tak diduga, tak ada uang *lho?*

Dari arah belakang ada segerombolan (5 motor) the villagers rider (baca : pengemudi kampung) dan seperangkat motor kampungnya yang lengkap tanpa spion, lampu besar, knalpot ribut kayak tawon, pokoknya tinggal kerangka lah tu motor.. nyerobot dengan kecepatan tinggi, sambil nyengir – nyengir ke belakang liat temennya, mereka juga ga ada yang pake helm sedikit pun.. Baru punya motor astr*a rombeng aja dah belagak punya ka*asaki N*nja 250 R, baru punya motor ya*aha m*o tinggal tulang ja belagak punya h*nda C*R.. Kesel banget ma pembalap kampung kayak gitu, seenaknya pake jalan, untuk gua ga nyium kaca film tu angkot..

Nyampe rumah dengan hati semrawut, bikin emosi emang jalanan sekarang ini.. Gua berharap ada razia polisi biar si kampung itu kena batunya (maaf nyumpahin, kesel banget), gua yakin mereka ga punya sim, malah mungkin ga punya stnk.. GUa coba nyari peraturan berkendara di jalan raya, hasilnya? peraturan sekarang cukup ngeri jika dijalankan sesuai perundang-undangan yang berlaku,, chek it out :

  • Pengendara sepeda motorย  tidak menyalakan lampu utama pada siang hari didenda maksimal Rp 100 ribu sesuai Pasal 293 ayat (2) jo Pasal 107 ayat (2).
  • Pengendara sepeda motor tidak mengenakan Helm Standard Nasional Indonesia di denda maksimal Rp 250 ribu sesuai Pasal 291 ayat (1) Jo Pasal 106 ayat (8).
  • Pengendara sepeda motor membiarkan penumpangnya tidak menggunakan Helm didenda maksimal Rp 250 ribu sesuai Pasal 291 ayat (2) Jo Pasal 106 ayat (8).
  • Pengendara sepeda motor mengangkut penumpang lebih dari satu orang tanpa kereta samping denda maksimal Rp 250 ribu sesuai Pasal 292 Jo Pasal 106 ayat (9)
  • Pengendara sepeda motor tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan, meliputi kaca, spion, klakson, lampu Utama, lampu rem, lampu penunjuk jalan, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban denda maksimal Rp 250 ribu sesuai Pasal 285 ayat (1) jo Pasal 106 ayat (3), dan Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3).

Gimana tuh? bergetar ga sanubari liat peraturannya?ย  Bayangin kalo orang yang tadi nyerobot gua, berarti dia :

Ga pake helm, malah boncengannya bertiga, ga nyalain lampu besar (malah ga ada lampunya), knalpot bising, ga ada spion, ga punya sim, ga ada stnk. Berapa dendanya? itung ja, lagi emosi gua males ngitung..

Mungkin salah satu hal yang menjadi maraknya kecelakaan lalu lintas sekarang ya kayak gitu, kendaraan ga keurus (gua mah cuman jarang dicuci), dah ga layak mengarungi kerasnya aspal jalanan. Kadang gua yang miris waktu itu ngeliat 2 orang boncengan tanpa helm malam hari dan dia ga punya lampu besar, wooow nice.. Fear Factor tuh, uji nyali tingkat lanjut..

Gua denger sekarang kepolisian daerah Garut udah kerjasama ma sma – sma disana, setiap hari hampir dipastikan ada razia siswa yang membawa kendaraan, meliputi sim dan stnk. Untuk lebih jelasnya gua juga kurang tau, cuma denger – denger sih gitu. Bukan maksud membanggakan salah satu kota, tapi hal ini merupakan inovasi buat menekan jumlah pelanggaran di jalan raya dan juga merupakan contoh untuk kota – kota lain di Indonesia. Ga sedikit pelanggaran disebabkan pelajar, gua heran katanya kaum “terpelajar” tapi peraturan lalu lintas ja ga tau *dek inget emak mu nunggu di rumah*.

Inget ya pesan gua untuk sefaty riding di post yang pertama, teliti sebelum membeli, eh teliti sebelum berkendara, cek kelengkapan kendaraan, pastikan safety riding dan terhindar dari kecelakaan lalu lintas.. Jika kendaraan sudah on fire berarti siap on the road dan ingat lagi berkendara adalah keselamatan dan tata krama..ok brother and sista..

Berkendara : safety ato Mati!! No choice..

Sedikit Empati Dapat Menyelamatkan Orang Lain

Safety Riding “NOW OR NEVER”

Advertisements
Comments
  1. Keluarga Blogger says:

    Good posting, Man…. Marah… Meledak-ledak…. Tapi tersimpan hasrat kebaikan nurani penulisnya. Semoga sukses.

  2. imroee says:

    gak pernah tahu aku soal peraturan2 di atas coz aku gak bisa bawa motor. Karena udah baca jadi tahu deh. Ya ampun bisa bangkrut juga kalau semuanya dilanggar.

    • chfajrin says:

      susah bukanya bang,, maaf lagi lemot koneksi,,hehe..
      tar pasti berkunjung,, tunggu yah

      • Ikhsan says:

        Bener bro banyak pengendara yang nyetir seenak jidadnya, kadang ane paling kesel kalo pas lampu merah, banyak motor yg nutupin jalan buat belok ke kiri, ane yg harusnya kaga kena lampu merah malah jadi ikut kena juga, bikin tambah macet aja tuh.

        kalo ane sama bokap ane nyebut villagers rider mah “Pembalap Cacingan”

      • chfajrin says:

        exactly..bener banget,, pada ngumpul ddi kiri kalo lagi lampu merah, persis ibu – ibu lagi arisan,,
        haha..pembalap cacingan, nice ide.. the worming rider,,haha..

  3. VJsandy says:

    Nice share ….
    tambah wawasan ane nie ๐Ÿ˜€

  4. HaHa says:

    Bener bang sekarang banyak amat penendara motor yang kagak taat aturan…
    kalo gtu khan yang rugi bukan dya aja tapi keselamatan orang lain juga sesama pengguna jalan..
    ane juga pernah ngalamain soalnya ditubruk orang yang nerobos lampu merah ehh jatoh dee jadinya…
    koq jadi cerita yaaa..
    bisarin yaa bagi bagi pengalaman…
    heheheh

  5. timothy says:

    hahhahaha punyanya pak erul ya. oh ya jangan lupa kunjungi ya Fisheries Blog

  6. komunis says:

    klo gak gitu negara kita cepet kaya. bukankah pembangunan itu berasal dari pajak dan denda2 konyol seperti itu ๐Ÿ˜€ … orang indo klo inget pajak jadi inget ma gayus ๐Ÿ˜›

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s