Astaga apa ini? udah lebih dari setaun ga apdet? oh my ghost *lho?

Selama ini sayah sibuk dengan dunia sayah sendiri, sibuk berimajinasi dan sibuk pengaman *lho lagi..

Emang setelah saya lulus kuliah sayah sibuk mencari pekerjaan untuk menafkahi anak istri tercinta. kok berasa kagok ya setelah setaun lebih ga nulis?. Alkisah pada bulan Agustus 2012 lalu saya  di nobatkan jadi lulusan Perikanan yang terbaik (baca : hina). Selayaknya manusia yang baru diwisuda sayah di sibukkan eh atau lebih tepatnya di paksa untuk mencari pekerjaan. Hal ini sayah lakukan karena mengingat usaha ikan koki sayah hancur berkeping – keping setelah ditinggal pergi selama sebulan karena tugas negara. Pedih jendral!!! Saat sayah melihat ikan – ikan nan lucu tengah bercengkrama dengan para malaikat maut, padahal sudah sayah ingatkan berkali – kali kalau ada om – om pake jubah item terus bawa celurit jangan di ajak ngomong. Tapi apa daya *ngomong – ngomong sabun daya sekarang lagi promo loh nasi telah menjadi bubur dan tukang bubur nya udah naek haji, ikan – ikan lucu tak mendengarkan perkataan sayah sehingga tepar dengan mulut berbusa karena kebanyakan makan bubur. Read the rest of this entry »

Bahan Bakar Minyak atau lebih dikenal dengan sebutan BBM merupakan barang yang sangat vital dewasa ini seiring perkembangan kendaraan bermotor, dan Era modernisasi. Sebagian besar mobilitas orang Indonesia saat ini sangat tergantung pada benda cair satu ini. Kita bisa memaklumi seorang pebisnis dengan mobilitas tinggi yang dalam seminggu tak terhitung berapa kali pergi ke luar kota untuk urusan bisnisnya. Tetapi kenyataannya tak hanya pebisnis atau orang penting yang menggunakan benda cair (BBM) ini. Para siswa sma bahkan siswa smp sekalipun jika tidak membawa sepeda motor ke sekolah mereka kerap di cap “kuper” oleh teman – temannya. Dan sekali lagi mereka membawa sepeda motor berbahan bakar bensin bukan air apa lagi oksigen.

Saya masih ingat sejak masuk smp sekitar tahun 2002 sampai hampir lulus kuliah (2012), bahan bakar cair ini sempat mengalami kenaikan beberapa kali. Awal saya masuk SMP ongkos angkutan kota (Angkot) hanya sekitar 300 rupiah, dua tahun kemudian (2004) ongkos naik menjadi 500 rupiah seiring kenaikan BBM. Dan pada akhir masa – masa indah SMA (2007-2008) ongkos angkutan kota tercinta yang setia mengantarkan saya berangkat sekolah ini menjadi 1000 rupiah untuk jarak dekat.

“ Pertanyaannya, mengapa harga sang benda cair berharga ini semakin naik? Jawabannya tidak lain karena keterbatasan bumi ini untuk menghasilkan minyak. Ya BBM merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui, berbeda dengan hutan atau air yang dapat diperbaharui”.

Pemerintah tidak tinggal diam melihat lonjakan harga minyak mentah dunia ini. Dengan berbagai pertimbangan pemerintah menyiapkan anggaran khusus untuk mensubsidi BBM, sehingga saat ini harga BBM Indonesia hanya sekitar 4500 rupiah per liter nya. Mahal? Untuk ukuran masyarakat Indonesia memang mahal, tapi jika kita menengok “kabar BBM” negara tetangga terdekat kita yaitu Malaysia,harga BBM di negara tersebut mencapai harga 5735 rupiah per liter nya (ini sudah harga subsidi). Tak hanya Malaysia, untuk negara tetangga asia tenggara lainnya harga BBM non subsidi mereka dapat terbilng “wah” untuk ukuran rakyat Indonesia, misalnya harga BBM Thailand mencapai harga 12.453 rupiah per liter (non subsidi), Filipina 12.147 rupiah per liter (non subsidi), dan Singapura 15.695 rupiah per liter (non subsidi). Sementara Indonesia? Seperti yang diutarakan sebelumnya “hanya” 4500 rupiah per liter nya untuk BBM subsidi. Read the rest of this entry »

Internet sudah menjadi makanan sehari – hari masyarakat Indonesia bahkan dunia dewasa ini. Banyak yang menggunakannya hanya sekedar untuk mengikuti status atau komentar teman – temannya lewat jejaring social, atau hanya untuk sekedar membaca berita – berita terkini dan teraktual. Siap atau tidak internet akan menemani setiap langkah hari anda pada kehidupan anda.

Internet yang kita bicarakan bukan indomie telor kornet ya..

Suatu hal pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, memiliki sisi positif dan negative, begitu pula internet pasti memiliki kedua sisi itu. Disini kita akan membicarakan sedikit dari segudang sisi positif dari internet, lho kenapa Cuma sisi positif? Mana sisi negatifnya?

Ada pepatah akibat nila setitik rusak susu sebelanga, artinya keburukan yang dilakukan walau sedikit akan menghancurkan segala kebaikan yang telah diperbuat. Jadi buat apa kita membicarakan sisi negative dari internet yang hanya secuil? Toh segi positifnya lebih banyak, ribuan kali bahkan jutaan kali dibanding sisi negatinya.

Selama ini untuk apakah anda menggunakan internet? Apakah hanya sekedar mentertawakan status atau komentar – komentar lucu teman anda pada sebuah situs jejaring sosial? Ataukah hanya sekedar memajang foto – foto liburan anda ke luar negeri untuk membuat teman anda iri? Semua itu memang hak anda sebagai pengguna internet. Tapi apakah anda sadar bahwa dengan modal koneksi internet anda dapat menghasilkan pundi – pundi rupiah? Read the rest of this entry »

Bisnis Is Yagi’s Bisnis..Oi..Oi..Oi

Posted: September 12, 2011 in Catatan Aneh
Tags: , , ,

Gila ga kalo blogger ag update blognya selama ini???? hah maafkan saya blog malangku *gua kan disumedang bukan dimalang?. Banyak sekali yang gua alami sebagai manusia bernyawa selama ini, setelah kepulangan gua dari tanah antah berantah, kalian pikir bisa bikin otak gua lurus?? haha..kalian salah. Slah satunya gua dan temen gua mencoba usaha sablon kecil – kecilan, baru juga rencana, emang udah dasar rejeki tiba2 ga ada ujan ga ada angin ga ada siapa2 juga ada orang bernasib malang yang terjebak pesen sablonan,,haha..

pesen syal HIMA sebanyak 80 biji, langkah awal yang luar biasa gua pikir, tanpa pikir panjang gua ma temen gua embat tuh orderan dengan deadline 2 hari lagi *oke2 gua jujur, gua belum punya alat sablon sedikitpun.

Awal bencana mulai, saking senengnya ga mikir apa2 gua deal ma pemesan pertama, setelah ketawa2 selama 10 menit 56 detik, tiba2……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

……..Hening..

Temen gua : lu yakin nih?

gua : kita belum punya alat sablon ya?

hening lagi……………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

…………mikir………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

…………..guling2……………………………………………………………………………………………………………………………………………..

…………………..mau nangis……………………………..

Temen gua : gerak cepat kita mulai dari sekarang

gua : lari2 ga jelas *kan disuruh gerak cepat, yang penting ini cepat

Read the rest of this entry »

Maaf kawan – kawan semua yang telah lama nunggu update blog sampah ini,hahahaha… Mudah – mudahan selama saya tinggalkan blog ini berbuat baik.

Saya baru sampai dari sebuah negeri yang indah dan damai yang bernama cileuleus, sebulan saya bertualang mencari kebenaran hidup, mulai. KKNM UNPAD 2011 yang telah mengirim saya dan 19 orang kurang beruntung lainnya ke daerah tersebut. Barang yang paling berharga disana adalah sinyal dan makanan. Jujur sebagai mahasiswa perikanan yang dongo saya senang berada disana dengan potensi perikanan yang luar biasa dan saya dapat belajar banyak dari para petani ikan disana.

Tanggal 25 Juni 2011 saya bertolak ke desa Cileuleus dari UNPAD jatinangor, setelah memakan perjalanan lebih dari setengah abad lamanya saya sampai dengan wajah meringis kesana dan tambah meringis setelah menjalani hari – hari pertama karena jauh dari mana – mana, nasip. Saya banyak mendapat teman baru disana dari yang sarap, stress, gila, autis, idiot, dan banyak lagi. Dari geologi, kedokteran, sastra, farmasi, dan sebangsa ikan juga, luar biasa. Saya salut dengan kegigihan teman kedolteran saya, dr. azrinaz orang mulie kebangsaan malaysia yang gigih belajar gitar sampai dia hapal lebih dari 4 lagu dalam satu bulan. Radit anak geologi yang bertahan dengan westlife nya, aki anak batu dengan MU-nya, Fahmi anak kedokteran paling gila yang pernah saya lihat, Ketua RW yang telah sukses menyatakan pada sekertaris Desa, dan pegawai jonas bang anton yang rela dirinya tidak hadir dalam kesempatan foto saat foto bersama.

Saya lebih belajar untuk mencintai diri sendiri setelah sempat merasakan getaran yang hebat pada kedua kaki ketika melakukan pengembaraan ke Galunggung. Perut saya yang mulai kehilangan stabilitasnya karena setiap hari terpaksa makan mie instan.

“Kita ada acara jam 8pagi besok!”, krikk…krikk… Read the rest of this entry »

Hanya sebuah intermezo tentang karya seni plagiat :

Sedih saya ngeliat negeri ini, banyak orang yang kreatif, banyak juga yang cuma ngaku-ngaku bahwa itu hasil karyanya, aslinya?PLAGIAT!!! Hay para pencuri ide (Plagiat, red.) (udah kayak di koran gua nulisnya). Kalian pikir gampang membuat artikel? kalian pikir kata-kata mengalir begitu saja saat membuat puisi? kalian pikir nada indah spontan terlantun? Semua butuh Proses BUNG!! 2hari, 3 hari, 1 minggu, 1 bulan, bisa dihabiskan oleh mereka yang penuh jiwa seni. Diam memegang gitar kesayangannya, tertunduk menunggu tinta berbicara untuk menggoreskan kata indah, mengumpulkan data demi data untuk membuat artikel yang bagus, kadang gua tidur buat nyari ide (ini ga bagus dicontoh). Dan hey kalian para otak berkarat yang ga punya ide fresh, kalian hancurkan perjuangan mereka hanya dengan beberapa detik dengan mengandalkan Ctrl+C dan Ctrl+V, bagaimana hati mereka yang membuat karya itu? Kalian para plagiatisme yang terkenal dengan karya yang kalian curi, mereka yang kreatif? akan terus membuat karya dengan hati hancurnya sampai tercipta lagu yang mengiris hati. Read the rest of this entry »

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Perkembangan teknologi dan informasi semakin cepat berkembang, dan pengetahuan masyarakat tentang pangan pun terus bertambah. Keamanan pangan telah menjadi isu yang penting akhir – akhir ini, bukan hanya secara nasional tetapi telah memasuki isu global. Betapa tidak, dengan kecanggihan media komunikasi masalah keamanan pangan suatu Negara akan berdampak pada Negara lain seperti masalah sapi gila, produk perikanan yang mengandung antibiotic berlebih, dan masih banyak lagi.

Tetapi di Negara Indonesia khususnya masih banyak masyarakat yang menyepelekan atau bahkan tidak peduli kepada masalah keamanan pangan ini, sehingga tak jarang ditemui kasus keracunan makanan pada masyarakat. Maka dari itu mengapa sangat penting memperhatikan kehigienisan pangan yang akan kita konsumsi, salah satu cara untuk mengatasi masalah keamanan pangan salah satunya dengan menerapkan PMMT.

PMMT adalah suatu kesatuan utuh antara GMP, SSOP, dan HACCP untuk menghasilkan prosuk yang berkualitas serta mengusung program safety food. PMMT juga disebut suatu cara lain dalam mengatur kerja orang banyak, dengan menyelaraskan kerja mereka sedemikian rupa sehingga orang-orang itu menghadapi tugasnya dengan penuh semangat dan berpartisipasi dalam perbaikan pelaksanaan pekerjaan. PMMT sangat penting mengingat semakin ketatnya persyaratan mutu pangan dunia, untuk meningkatkan daya saing suatu produk produk di pasar internasionla PMMT mutlak diperlukan, karena PMMT mencerminkan keamanan pangan produk tersebut. Read the rest of this entry »

Minggu ini mulai lagi dah UTS, damn. Bukan cuma itu praktikum juga dah mulai jalan, Bikin makanan ikan (Nutrisi Ikan) mulai besok, padahal buat bikin telor ceplok aja gua males, Jadi penghulu ikan (Teknik Pembenihan Ikan) hari kamis. Nasip… Tadi gua UTS kebijakan perikanan soalnya gampang sih tapi jawabannya itu yang bikin susah.

visi dan misi KKP mengarah pada pertumbuhan atau pembangunan? lha visi misi nya aja gua ga tau bunyinya apa.

Satu yang bikin semangat, gua ma anak2 KBIH (BARAKUDA sekarang, panjangannya apa ga tau) mau bikin proposal minta bantuan dana buat nerusin perjuangan ngurus ikan gendut nyusahin. jangan salah paham dulu, bukan proposalnya yang bikin semanget, tapi uang bantuannya bisa lebih dari 20 juta.

Intermezo: O ya sebelumnya kepada saudara sungui saya berbela sungkawa atas tertelannya kartu ATM saudara oleh mesin ATM, semoga keluarga yang ditinggalkan tabah menjalaninya.

Back to topik (Pik, dimana maneh taupik). Koki hasil pemijahan yang pertama sekarang dah siap jual, cuma ada 50 ekor sih yang kuat menghadapi terjangan kentut si adam tiap malem. Dan pemijahan yang kedua udah membuahkan hasil, (sejak kapan koki berbuah? bukannya bertelor) total ada 300 ekor larva baru yang siap di kentutin si adam tiap malem. Rencananya gua mau bikin blog lagi buat bantu promosiin si koki gendut, ogah gua bikin web, koneksi kayak siput gini bisa2 gua keburu tua sebelum webnya kelar. Jadi puaslah sekedar blog.

Lagi cari ide nih buat nama blognya apaan kira-kira? yang kebetulan baca ini kasih saran donk.

 

NB : akhirnya gua agak serius (udah bubar) bikin postingan

kemaren gua abis dari garut, melewati hari terindah bersama yang terkasih,, pas sore mau balik dan menjalani aktivitas seperti layaknya manusia normal, tiba – tiba langit berubah gelap, hitam mencekam dihiasi halilintar, seolah tak mengizinkanku melangkah menghempas debu garut – tanjungsari,hahaha.. duuuuuaaaaaarrr (tu suara halilintar apa bom buku ya?).

well akhirnya gua memutuskan pulang besok paginya, karena kuliah jam 8 gua harus jadi ayam jantan yang bangun subuh. dengan susah payah dan sekuat tenaga (dasar tukang molor) gua terbangun juga akhirnya, mata rapet, badan lemes dan mulut berbusa *lho? gua mandi serasa kayak pake es batu tu aer, pas gua cari ga ada tu es batu, mandi lagi dingin lagi, cari es batu lagi buat ngeyakinin begitu seterusnya (dasar tolol). Read the rest of this entry »

Ini tugas mata kuliah Kebijakan pembangunan perikanan gua, bikin artikel tentang kebijakan perikanan yang minimal 500 kata (cerita postingan yang kemaren). Akhirnya selesai, total 502 kata, ga percaya? itung ndiri, gua mah ogah.. selamat menikmati artikel ini.

Here We GO

 

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) nampaknya tidak main – main dengan rencananya untuk menjadikan perikanan budidaya sebagai tumpuan perikanan Indonesia. Pada tahun 2010 yang lalu, anggaran yang disiapkan oleh pemerintah untuk pengembangan budidaya perikanan sebesar 400 milyar rupiah dan pada tahun 2011 ini anggaran pengembangan perikanan budidaya “membengkak” dari angka 400 miliar rupiah menjadi 1,5 triliun rupiah. Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) perikanan budidaya lebih dapat ditingkatkan Read the rest of this entry »